Okinawa

1ht-hs3135m-300x214Okinawa ?, mendengar kata ini sebagain besar orang akan lansung terhubung dengan sebuah pulau di negara matahari terbit. Tapi tidak bagi saya, okinawa hanyalah sebuah merek sepatu yang selalu saya pakai sewaktu sekolah dasar di kampung. Entah kebetulan atau memang kualitas yang bagus, orang tua saya selalu membeli merek sepatu ini hingga saya menamatkan pendidikan di sekolah dasar di kampung. Merek sepatu ini tidak tergantikan, patah tumbuh hilang berganti namun gantinya pasti selalu okinawa. Itulah sebabnya merek ini tidak pernah lupa dalam ingatan saya. Sepertinya harga yang terjangkau dan quality assurance produk ini telah membuat amak saya tidak mau berpindah ke merek lain. Bagi amak, arti quality assurance definisinya cukup sederhana, sepatu yang tahan lama dan kuat untuk segala medan bukan dalam arti sesunguhnya dimana produk harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Sepatu ini merupakan andalan, karena memang satu-satunya sepatu yang saya punya. Menemani saya ke sekolah adalah tugas resmi sepatu ini, disamping tugas resmi sepatu ini juga setia mengiringi langkah kaki saya ke ladang dan ke balai jika di ajak amak. Tidak ada sepatu cadangan, pergantian sepatu hanya dilakukan bila sepatu sudah mulai tertawa besar yang manandakan sepatu sudah gila atau stress karena selalu terinjak-injak. Tapi sudah bisa ditebak merek sepatu penggantinya tidak akan berubah, Okinawa pastinya.

Lahirnya berbagai produk baru sepatu sepertinya sudah menenggelamkan merek ini. Setelah selesai sekolah dasar saya hampir tidak menemui lagi sepatu andalan saya ini.

okinawaSetelah hampir 20 tahun berlalu, sekarang saya sudah tahu Okinawa (沖縄) tidak hanya sebuah merek sepatu, namun sebuah pulau indah yang ada di bagian selatan pulau utama Jepang. Pulau ini memiliki luas sekitar 1.201,03 km2 dan berjarak lebih kurang 640 km sebelah selatan dari pulau utama. Ibukota dari pulau ini ada Naha dan pulau ini juga dikenal dengan tempat lahirnya olah raga bela diri karate. Karena posisinya yang berada di wilayah selatan dan lebih dekat ke katulistiwa, daerah ini beriklim subtropis. Hingga bulan September 2009, penduduk Okinawa diperkirakan berjumlah 1.384.762 orang. Penduduk asli Okinawa adalah Ryukyu dan bahasa lokalnya disebut Uchinaguchi. Sejak akhir perang dunia II, pulau ini dijadikan pangkalan militer Amerika untuk invasi, namun sejak 1972 keberadaan pangkalan militer ini merupakan bagian dari perjanjian keamanan dan kerjasama US dan Jepang.

Saat ini saya sudah menjajakan kaki di negara yang punya pulau Okinawa. Walaupun saya belum sempat ke sana namun nama pulau itu cukup spesial bagi saya karena namanya sudah terukir lama dalam kepala saya. Mudah-mudahan suatu hari saya sempat menginjakan kaki di pulau tersebut dan menikmati keindahan yang disajikan oleh alam subtropisnya.

Chiba, March 28, 2013
By Andipiliang

Leave a Reply

