Dama Gadang

Sarasah Gadih Ranti Dama Gadang

Sarasah Gadih Ranti Dama Gadang

Sekilas jika orang lewat disana memandang tidak akan percaya kalau di atas bukit terjal nan rimbun dengan kayu-kayu tersebut ada perkampungan. Dama Gadang itulah salah satu kampung yang ada di atas sana dan terletak antara kampung Arikir dan Koto Panjang. Tidak terlalu rame memang penghuninya, namun jika semua penghuni kampung ini berkumpul di balai desa, bisa membuat sebuah pasar kecil yang hiruk pikuk.

dmgKonon kabarnya nama kampung ini berasal dari nama pohon Damar besar yang tubuh ditengah kampung ini. Walaupun saya tidak pernah tahu pohon itu dulu tumbuh di mana dan besarnya seberapa. Terletak diketinggian membuat kampung ini sangat sejuk dengan hembusan angin sepoi-sepoinya. Hamparan sawah berjenjang merupakan pemandangan menarik yang tidak akan pernah lupa dalam ingatan saya. Jika memandang ke arah matahari tenggelam terlihat gunung Pasaman dan gunung Talamau yang sering dijadikan patokan dalam menentukan baik atau buruknya cuaca bagi warga kampung ini. Jika berada di ujung bawah kampung, sebuah pemandangan catik akan disuguhkan oleh hamparan laut dan pantai pariaman yang nun jauh diujung sana.

Layaknya sebuah kampung terpencil tiada penerangan atau rentangan kabel listrik di desa walaupun pembangkit listrik dibangun di daerah kami. Munkin karena terjal sangat sukar dan mahal untuk membangun instalasi listrik dibanding membangun jaringan SUTET ke Riau atau Jambi. Atau munkin tidak ekonomis bila dipandang dari segi hitungan bisnis.

Aliran air yang jernih jadi penyejuk dan mengaliri seluruh sawah yang ada dikampung ini. Sumber mata airnya bahkan sering dijadikan tempat mandi bagi anak-anak kampung ini, bahkan atap tempat pintu air jadi tempat terjun yang indah untuk masuk ke penampungan air. Fasilitas lompat indah ini sangat digemari anak untuk mandi disini. Terowongan air kecil yang terbuat dari gorong-gorong berdiameter 1 meter tidak luput jadi tempat adu nyali dan ketangkasan siapa yang bisa melawan kekuatan debit air yang mengalir di dalamnya. Setidaknya itulah salah satu hiburan yang dimiliki oleh anak kampung ini.

Banyak lagi sebenarnya tempat-tempat yang menarik di kamung ini. Seperti sarasah dan beberapa air terjun kecil yang indah disepanjang alirang batang air dipinggiran kampung ini. Senada dengan kondisi penerangan, tranportasi juga hampir tidak ada, hanya ada dua kendaraan pribadi yang dimiliki kampung ini untuk membawa penumpang pergi ke balai. Jika nasib lagi baik perjalanan kebalai dapat ditempuh dalam waktu cepat namun jika hari kurang bersahabat lobang lumpur besar dijalanan siap menahan dan menjebak laju kendaraan ini.

Namun disisi lain, berbagai keterbatasan dikampung ini membuat para orang tua tidak perlu khawatir melepas anaknya pergi sekolah atau bermain sendiri. Tidak ada lalu lintas kendaraaan yang akan menabrak atau rambu lalu lintas yang harus dipatuhi. Nasib paling sial hanya disenggol oleh gerobak ban yang lewat membawa barang atau diseruduk kerbau capek yang habis pulang dari membajak sawah.

Di sini lah saya tumbuh besar. Bermain di pematang sawah, ladang atau pemandian air adalah hal-hal terindah dalam hidup yang pernah saya lalui waktu di kampung. Suka duka hidup sebagai anak desa saya lewati hingga saya harus pergi melanjutkan sekolah menengah pertama ke madrasyah di bukittinggi.

By: Andipiliang

2 responses

  1. salam kenal untuk uda andy piliang , soalnya di sana kampung orang tua laki-laki saya , tempat nya sangat indah dan asri . ini email saya , andyjelo@yahoo.co.id

    1. Salam Andy
      Wah senang dapat kenalan yang berhubungan dengan kmapung tercinta….maaf baru dibalas..karena hampir setahun tidak mengakses blog…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: